Biografi Imam Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah
Nama asli beliau adalah Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Abi Bakr bin
Ayyub bin Sa’ad bin Huraiz az-Zar’i, kemudian ad-Dimasyqi. Dikenal dengan ibnul
Qayyim al-Jauziyyah.[1] Nisbat
kepada sebuah madrasah yang dibentuk oleh Muhyiddin Abu al-Mahasin Yusuf bin
Abdil Rahman bin Ali al-Jauzi yang wafat pada tahun 656 H, sebab ayah Ibnul
Qayyim adalah tonggak bagi madrasah itu. Ibnul Qayyim dilahirkan di tengah
keluarga berilmu dan terhormat pada tanggal 7 Shaffar 691 H. Atau pada
tanggal 4 Februari 1292 di Damaskus. Di kampung Zara’ dari perkampungan Hauran, sebelah
tenggara Dimasyq (Damaskus) sejauh 55 mil. Beliau wafat pada malam kamis pada
tanggal 13 Rajab atau tepatnya pada tanggal 23 September 1350 pada sat adzan isya tahun 751 H. Dimana beliau telah memasuki usia enam
puluh tahun. Dan beliau dishalatkan pada keesokan harinya di masjid jami’
al-Umawi setelah shalat dhuhur. Dan beliau dimakamkan di pemakaman al-Bab
ash-shaghir disambing makam ibunda beliau.[2]
Pemakaman beliau turut dipersaksikan oleh para qadhi, kaum terkemuka,
tokoh-tokoh agama dan pemerintahan serta orang-orang yang shalih dan khalayak
ramai. Ia adalah ahli fiqih bermazhab Hambali. Disamping itu juga seorang ahli
Tafsir, ahli hadits, penghafal Al-Quran, ahli ilmu nahwu, ahli ushul, ahli ilmu kalam, seorang ImamSunni, cendekiawan, dan ahli fiqh yang hidup pada abad ke-13 sekaligus seorang mujtahid.
Ibnul Qayyim tumbuh berkembang di keluar yang dilingkupi dengan ilmu,
keluarga yang religius dan memiliki banyak keutamaan. Ayahnya bernama Abu Bakar
bin Ayyub az-Zura’i beliau adalah pengasuh di al-Madrasah al-Jauziyah.
Disinilah al-Imam Ibnul Qayyim belajar dalam asuhan dan bimbingan ayahnya
beliau dan dalam arahannya yang ilmiyah dan selamat. Ia belajar ilmu faraidl
dari bapaknya karena beliau sangat menonjol dalam ilmu itu. Belajar bahasa Arab
dari Ibnu Abi al-Fath al-Baththiy dengan membaca kitab-kitab: (al-Mulakhkhas li
Abil Balqa’ kemudian kitab al-Jurjaniyah, kemudian Alfiyah Ibnu Malik, juga
sebagian besar Kitab al-kafiyah was Syafiyah dan sebagian at-Tas-hil). Di
samping itu belajar dari syaikh Majduddin at-Tunisi satu bagian dari kitab
al-Muqarrib li Ibni Ushfur. Belajar ilmu Ushul dari Syaikh Shafiyuddin
al-Hindi, Ilmu Fiqih dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan Syaikh Isma’il bin
Muhammad al-Harraniy. Dalam usia yang relatif beliau, sekitar usia tujuh tahun,
Imam Ibnul Qayyim telah memulai penyimakan hadits dan ilmu-ilmu lainnya di
majlis-majlis para syaikh atau guru beliau. Pada jenjang usia ini beliau telah
menyimak beberapa juz berkaitan dengan Ta’bir ar-Ruyaa (Tafsir mimpi) dari
syaikh beliau Syihabuddin al-‘Abir. Dan juga beliau telah mematangkan ilmu
Nahwu dan ilmu-ilmu bahasa Arab lainnya pada syaikh beliau Abu al-Fath
al-Ba’labakki, semisal Alfiyah Ibnu Malik dan selainnya. Beliau juga telah
melakukan perjalan ke Makkah dan Madinah selama musim haji. Dan beliau berdiam
di Makkah. Juga beliau mengadakan perjalanan menuju Mesir sebagaimana yang
beliau isyaratkan dalam kitab beliau Hidayah al-Hiyaraa dan pada kitab Ighatsah
al-Lahafaan.
Ibnu Rajab mengatakan, “Beliau melakukan beberapa kali haji dan berdiam di
Makkah. Penduduk Makkah senantiasa menyebutkan perihal beliau berupa
kesungguhan dalam ibadah dan banyaknya thawaf yang beliau kerjakan. Hal mana
merupakan suatu yang menakjubkan yang tampak dari diri beliau.” Dan disaat di
Makkah inilah beliau menulis kitab beliau Miftaah Daar as-Sa’adah wa Mansyuur
Wilayaah Ahlil-Ilmi wal-Iradah. Beliau amat cakap dalam hal ilmu melampaui
teman-temannya, masyhur di segenap penjuru dunia dan amat dalam pengetahuannya
tentang madzhab-madzhab Salaf. Pada akhirnya beliau benar-benar bermulazamah
secara total (berguru secara intensif) kepada Ibnu Taimiyah sesudah kembalinya
Ibnu Taimiyah dari Mesir tahun 712 H hingga wafatnya tahun 728 H. Pada masa
itu, Ibnul Qayyim sedang pada awal masa-masa mudanya. Oleh karena itulah Ibnul
Qayyim amat mencintainya, sampai-sampai beliau mengambil kebanyakan
ijtihad-ijtihadnya dan memberikan pembelaan atasnya. Ibnul Qayyim yang
menyebarluaskan ilmu Ibnu Taimiyah dengan cara menyusun karya-karyanya yang
bagus dan dapat diterima. Sebagai hasil dari mulazamahnya (bergurunya secara
intensif) kepada Ibnu Taimiyah.[3] Beliau
dapat mengambil banyak faedah besar, diantaranya yang penting ialah berdakwah
mengajak orang supaya kembali kepada kitabullah dan sunnah Rasulullah yang
shahihah, berpegang kepada keduanya, memahami keduanya sesuai dengan apa yang
telah difahami oleh as-Salafus ash-Shalih, membuang apa-apa yang berselisih
dengan keduanya, serta memperbaharui segala petunjuk Ad-Din yang pernah
dipalajarinya secara benar dan membersihkannya dari segenap bid’ah yang
diada-adakan oleh kaum Ahlul Bid’ah berupa manhaj-manhaj kotor sebagai cetusan
dari hawa-hawa nafsu mereka yang sudah mulai berkembang sejak abad-abad
sebelumnya, yakni: Abad kemunduran, abad jumud dan taqlid buta.
Guru-guru beliau
Berikut ini adalah
nama-nama masyaikh atau guru-guru beliau yang terkenal.
1. Ayahanda beliau yaitu Abu Bakar bin Ayyub bin Sa’ad az-Zura’I ad-Dimasyqi.
Dimana Ibnul Qayyim menyadur ilmu Faraidh dari beliau.
2. Abu Bakar bin Zainuddin Ahmad bin Abdu ad-Daa`im bin Ni’mah an-Naabilisi
ash-Shalihi. Beliau dijuluki al-Muhtaal. (wafat 718 H)
3. Syaikhul Islam Taqiyuddin Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdul Halim bin
Abdissalam bin Abil-Qasim bin Taimiyah al-Harrani ad-Dimasyqi al-Hanbali.
(wafat 728 H). Beliau adalah guru Ibnul Qayyim yang paling populer, dimana
Ibnul Qayyim rahimahullah mulazamah dalam banyak bidang-bidang keilmuan
darinya.
4. Abu al-‘Abbas Ahmad bin Abdurrahman bin Abdul Mun’im bin Ni’mah Syihabuddin
an-Nabilisi al-Hanbali. 9wafat 697 H).
5. Syamsuddin abu Nashr Muhammad bin ‘Imaduddin Abu al-Fadhl Muhammad bin
Syamsuddin Abu Nashr Muhammad bin Hibatullah al-Farisi ad-Dimasyqi al-Mizzi.
(wafat 723 H)
6. Majduddin Abu Bakar bin Muhammad bin Qasim al-Murasi at-Tuunisi. 9wafat 718
H)
7. Abu al-Fida` Ismail bin Muhammad bin Ismail bin al-Farra` al-Harrani
ad-Dimasyqi, syaikhul Hanabilah di Damaskus. (wafat 729 H)
8. Shadruddin Abu al-Fida` Ismail bin Yusuf bin Maktum bin Ahmad al-Qaisi
as-Suwaidi ad-Dimasyqi (wafat 716 H)
9. Zainuddin Ayyub bin Ni’mah bin Muhammad bin Ni’mah an-Naabilisi ad-Dimasyqi
al-Kahhaal. (wafat 730 H).
10. Taqiyuddin Abu al-Fadhl Sulaiman bin Hamzah bin Ahmad bin Umar bin qudamah
al-Maqdisi ash-Shalihi al-Hanbali. (wafat 715 H).
11. Syarafuddin Abdullah bin Abdul Halim bin Taimiyah al-Harrani ad-Dimasyqi,
saudara Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. (wafat 727 H).
12. ‘Alauddin Ali bin al-Muzhaffar bin Ibrahim Abul hasan al-Kindi al-Iskandari
ad-Dimasyqi. (wafat 716 H)
13. Syarafuddin Isa bin Abdurrahman bin Ma’aali bin Ahmad al-Mutha’im Abu
Muhammad al-Maqdisi ash-Shalihi al-hanbali. (wafat 717 H)
14. Fathimah binti asy-Syaikh Ibrahim bin Mahmud bin Jauhar al-Ba’labakki.
(wafat 711 H).
15. Baha`uddin Abul al-Qasim al-Qasim bin asy-Syaikh Badruddin Abu Ghalib
al-Muzhaffar bin Najmuddin bin Abu ats-Tsanaa` Mahmud bin Asakir ad-Dimasyqi.
(wafat 723 H).
16. Qadhi Qudhaat Badruddin Muhammad bin Ibrahim bin Sa’adullah bin Jama`ah
al-Kinaani al-Hamawi asy-Syafi’i. (wafat 733 H).
17. Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Abu al-Fath bin Abu al-Fadhl
al-Ba’labakki al-Hanbali. (wafat 709 H)
18. Shafiyuddin Muhammad bin Abdurrahim bin Muhammad al-Armawi asy-Syafi’I
al-Mutakallim al-Ushuli, Abu Abdillah al-Hindi. (wafat 715)
19. Al-Hafizh Yusuf bin Zakiyuddin Abdurrahman bin Yusuf bin Ali al-Halabi al-Mizzi
ad-Dimasyqi. (wafat 742 h).
Murid-murid beliau
Ketenaran Imam Ibnul Qayyim serta kedudukan ilmiyah beliau yang tinggi menjadikan banyak kalangan
ulama terkenal yang mengagungkan dan berguru kepada beliau. Salah satu ungkapan
dari murid beliau yang di kemukakan oleh Al-Hafizh Ibnu Rajab al-Hanbali,
mengatakan, “Beliau menyadur fiqh dalam mazhab Imam Ahmad, dan beliau menjadi
seorang yang menonjol dalam mazhab dan sebagai seorang ahli fatwa. Beliau
menyertai Syaikhul Islam Taqiyuddin dan menimba ilmu darinya. Beliau telah
menunjukkan kemahiran beliau dalama banyak ilmu-ilmu Islam. Beliau seorang yang
mengerti perihal ilmu Tafsir yang tidak ada bandingannya. Dalam ilmu Ushul
Fiqh, beliau telah mencapai puncaknya. Demikian pula dalam ilmu hadits dan
kandungannya serta fiqh hadits, segala detail inferensi dalil, tidak ada yang
menyamai beliau dlam hal itu. Sementara dalam bidang ilmu Fiqh dan ushul Fiqh
serta bahasa Arab, beliau memiliki jangkauan pengetahuan yang luas. Beliau juga
mempelajari ilmu Kalam dan Nahwu serta ilmu-ilmu lainnya. Beliau seorang yang
alim dalam ilmu suluk serta mengerti secara mendalam perkataan dan
isyarat-isyarat ahli tasawuf serta hal-hal spesifik mereka. Beliau dalam dalam
semua bidang keilmuan ini memiliki jangkauan yang luas.” Demikian banyak ulama dan selain mereka yang
mengambil ilmu dan berdesakan di majlis Ibnul Qayyim. Dari mereka yang menimba
ilmu dari Ibnul Qayyim, bermunculan para pakar dibidang ilmu tertentu. Diantara
murid-murid beliau adalah:
1. Anak beliau Syarafuddin Abdullah bin al-Imam Ibnul Qayyim.
2. Anak beliau Ibrahim bin al-Imam Ibnul Qayyim.
3. Al-Hafizh al-Mufassir Abu al-Fida` Ismail bin Umar bin Katsir al-Qaisi
ad-Dimasyqi.
4. Al-Hafizh Zainuddin Abdurrahman bin Ahmad bin Rajab al-Hasani al-Baghdadi
al-Habali.
5. Syamsuddin Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abdul hadi bin Yusuf bin
Qudamah al-Maqdisi ash-Shalihi.
6. Syamsuddin Abu Abdullah Muhammad bin Abdul Qadir bin Muhyiddin Utsman al-Ja’fari
an-Naabilisi al-Hanbali.
7. Ibnu Abdirrahman an-Nablisiy.
8. Muhammad bin Ahmad bin Utsman bin Qaimaz adz-Dzhahabi at-Turkumaniy
asy-Syafi’i.
9. Ali bin Abdil Kafi bin Ali bin Taman As Subky.
10. Taqiyussssddin Abu ath-Thahir al-Fairuz asy-Syafi’i.
11. Dan lain sebagainya.
Pemikiran-pemikiran Ibnu
Qayyim
Mengingat bahwa Ibnu Qayyim merupakan murid utama
Ibnu Taimiyah dan bahkan sempat dipenjara bersama gurunya, keyakinan dan
pemikirannya, dalam pelbagai persoalan sama persis dengan pemikiran Ibnu
Taimiyah, karena itu ia harus dinilai sebagai penyeru pemikiran-pemikiran Ibnu
Taimiyah.[4]
Keyakinan-keyakinannya sehubungan dengan sifat-sifat Ilahi meniscayakan
pandangan anthropormisme(memiliki
bentuk sebagaimana benda) terkait dengan Tuhan. Salah satu persoalan ini,
keyakinan terhadap persoalan ini Tuhan dapat ditunjuk jari secara indrawi
dimana hal ini membatasi Tuhan pada posisi dan kondisi tertentu.[5]
Terkait dengan melihat (rukyat) Tuhan dengan mata
juga sebagaimana Ibnu Taimiyah, Ibnu Qayyim menilai bahwa Tuhan mungkin saja
Tuhan dilihat dengan mata dan hal ini mendapat sokongan oleh akal dan syariat.
Ia berkata, “Meski di dunia disebabkan oleh kelemahan pandangan kita sehingga
tidak dapat melihat Tuhan, namun di akhirat hal ini mungkin saja terjadi.”[6] Ibnu Qayyim memandang bahwa orang-orang tidak boleh pergi
ziarah kubur para nabi.[7]
Demikian juga berkumpul di samping kuburan para nabi dan para wali merupakan
perbuatan syirik. Ia berkata, “Perbuatan ziarah kubur ini mengandung banyak hal
yang merusak di antaranya, salat ke arah kuburan, tawaf di sekeliling kuburan,
mencium kuburan dan memohon pertolongan dari orang-orang yang telah dikuburkan,
meminta rezeki, kesehatan, supaya dibayarkan hutang serta hilangnya pelbagai
kesusahan hidup! Permohonan-permohonan ini adalah permohonan-permohonan yang
disampaikan para penyembah berhala kepada berhala-berhala mereka.”[8]
Ibnu Qayyim dalam melanjutkan jalan Ibnu Taimiyah
mengingkari pelbagai keutamaan Imam Ali As. Ia berkata, “Hadis-hadis yang
dibuat oleh kaum Rafidhi (orang-orang Syiah) terkait dengan Ali bin Abi Thalib
sedemikian banyak sehingga tidak dapat dihitung. Kemudian ia mengutip ucapan
Abu Ya’la al-Khalili bahwa orang-orang Syiah membuat hadis-hadis terkait dengan
keutamaan Ali bin Abi Thalib dan Ahlulbait sebanyak tiga ratus ribu hadis.
Kemudian Ibnu Qayyim al-Jauzi membela ucapan Abu Ya’la ini.[9]
Karya Ilmiah beliau
Karya ilmiyah syaikhul islam Ibnul Qayyim sangatlah banyak dan dalam
berbagai jenis disiplin keilmuan. Asy-Syaikh al-‘Allamah Bakr bin Abu Zaid mengumpulkan
karya ilmiyah beliau dan mencapai 96 judul, diantaranya yang populer.
1. Ijtimā' al-Juyūsy al-Islāmiyyah 'ala al-Mu'aththilah wa al-Jahmiyyah.
2. Ahkām Ahli adz-Dzimmah.
3. I'lān al-Muwaqi'īn 'an Rabb al-'Ālamin.
4. Ighātsatu al-Lahfān min Mashāyidi asy-Syaithān.
5. Ighātsatu al-Lahfan fī Hukmi Thalāqi al-Ghadbān.
6. Badāi' al-Fawā'id.
7. At-Tibyān fī Aqsāmi al-Qur'ān.
8. Tuhfatu al-Maudūd bi Ahkāmi al-Maulūd.
9. Jalāu al-Afhām fī ash-Shālāti wa as-Salāmi 'ala khairi al-Anām.
10. Al-Jawāb al-Kāfi liman sa ala 'an ad-Dawā asy-Syāfi au Ad-Dā wa ad-Dawā'.
11. Hādi al-Arwāh ila bilādi al-Afrāh.
12. Raudhatu al-Muhibīn wa Nuzhatu al-Musytāqqīn.
13. Ar-Rūh.
14. Zādu al-Ma'ād fī Hadyi Khairi al-'Ibād.
15. Syifā'u al-'Alil fi Masā'ili al-Qadhā' wa al-Qadar wa al-Hikmatu wa
at-Ta'līl.
16. Ash-Shawā'iq al-Mursilah 'ala al-Jahmiyyah wa al-Mu'aththilah.
17. Ath-Thibb an-Nabawī (Bagian dari Kitab Zādu al-Ma'ād).
18. Ath-Thuruq al-Hukmiyyah.
19. 'Iddatu ash-Shābirīn wa Dzukhriyyaty asy-Syākirīn.
20. Al-Farusiyah.
21. Al-Fawā id.
22. Al-Kāfiyah asy-Syāfiyah fi an-Nahwi.
23. Al-Kāfiyah asy-Syāfiyah fi al-Intishari lilfirqati an-Nājiyah.
24. Al-Kalām 'ala mas'alati as-Simāi.
25. Kitāb ash-Shalāti wa Ahkāmu Tārikuhā.
26. Madāriju as-Sālikīn baina Manāzili Iyyāka Na'budu wa Iyyaka Nasta'īn.
27. Miftāhu Dāri as-Sa'ādah wa Mansyur Wilāyati al-'Ilmi wa al-Irādah.
28. Al-Manār al-Munīf fī ash-Shahīh wa adh-Dha'īf.
29. Hidāyatu al-Hiyāri fī Ajwibati al-Yahūd wa an-Nashāra.
30. Al-Wābil ash-Shayyib min al-Kalimi ath-Thayyib.
31. Dan masih banyak lagi lainnya.[10]
[1] Al-Sayid Jamal bin Muhammad, Ibnu Qayyim al-Jauzi wa Juhuduhu fi Khidmati
al-Sunnah al-Nabawiyah wa ‘Ulumiha, jil. 1, hal. 81, Imadat
al-Bahts al-‘Ilmi bil Jama’ah al-Islamiyah, Madinah Munawwarah, Cetakan
Pertama, 1424 H.
[2] Al-Sayid Jamal bin Muhammad, Ibnu Qayyim al-Jauzi wa Juhuduhu fi Khidmati
al-Sunnah al-Nabawiyah wa ‘Ulumiha, jil. 1, hal. 81, Imadat
al-Bahts al-‘Ilmi bil Jama’ah al-Islamiyah, Madinah Munawwarah, Cetakan
Pertama, 1424 H.
[4] Makarim Syirazi, ‘Ala Muftaraq
Thariqain, hal. 68, Madrasah al-Imam Ali bin Abi Thalib As, Qum,
Cetakan Pertama, 1427 H.
[5] Muhammad bin Abi Bakr, Ibnu Qayyim al-Jauzi, al-Shawaiq al-Mursalah fi al-Rad ‘ala
al-Jahmiyah wa al-Mu’atthala, jil. 4, hal. 1318-1319, Dar
al-‘Ashimah, Riyadh, Cetakan Pertama, 1408 H.
[7] Ibnu Qayyim al-Jauzi wa Juhuduhu fi Khidmat
al-Sunnah al-Nabawiyah wa ‘Ulûmiha, jil. 1, hal. 127.
[8] Muhammad bin Abi Bakr Ibnu Qayyim al-Jauzi, Ighâtsah al-Lahfan fi min
Mashâid al-Syaithân, Diriset oleh Muhammad Hamid Faqi, jil. 1, hal.
194, Maktabah al-Ma’arif, al-Riyadh, Tanpa Tahun.
[9] Muhammad bin Abi Bakr Ibnu Qayyim al-Jauzi,
al-Manâr al-Munif fi al-Shahih wa al-Dha’if, Diriset oleh Abdul
Fattah Abu Ghadah, hal. 116, Maktabah al-Mathbu’at al-Islamiyah, Halab, Cetakan
Pertama, 1390 H.
[10] Ibnu Qayyim al-Jauzi wa Juhuduhu fi Khidmat
al-Sunnah al-Nabawiyah wa ‘Ulûmiha, jil. 1, hal. 227.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar